Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

Jika Sandiaga Resmi Bergabung, PPP Sebut Peluang Diusulkan Jadi Bakal Cawapres Makin Besar

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi menilai peluang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno diusulkan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo semakin besar, dengan catatan dia harus terlebih dulu bergabung ke PPP.

“Jika telah bergabung ke PPP, jalan politik Pak Sandiaga Uno pada Pemilu 2024 semakin lebar, termasuk peluang diusulkan sebagai calon wakil presiden semakin besar,” kata atau Awiek kepada Kompas.com, Senin (12/6/2023).

Kendati demikian, Awiek menyebut bahwa Sandiaga tak serta-merta mendapatkan tiket bakal cawapres usai bergabung ke PPP. Sebab, menurut dia, Sandiaga pun harus melalui serangkaian tahapan organisasi di PPP.

“Sampai saat ini, PPP belum menentukan cawapres Pak Ganjar,” tambah dia.

Ketua DPP PPP ini menegaskan, partainya merasa terhormat jika Sandiaga betul bergabung menjadi kader.

Bagi PPP, jelas Awiek, Sandiaga Uno adalah tokoh nasional yang potensial dalam latar belakang pejabat pemerintah.

“(Sandiaga) pernah menjabat Wagub DKI Jakarta, menjadi calon wakil presiden 2019 dan sekarang menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” ucap Awiek.

Baca Juga:  PPP Ungkap Alasan Terima Mantan Napi Korupsi Romahurmuziy

Dia menjelaskan, penjajakan komunikasi PPP dengan Sandiaga Uno sudah lama dilakukan dan semakin intensif dalam delapan bulan terakhir.

Hal itu ditandai dengan hadirnya Sandiaga dalam sejumlah kegiatan PPP, baik di nasional maupun daerah.

Lebih lanjut, kehadiran Sandi di PPP diharapkan mampu mendongkrak elektabilitas partai tersebut sehingga lolos parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen 4 persen, serta jumlah kursi di DPR bertambah signifikan.

Untuk itu, Awiek mengatakan, Sandiaga direncanakan akan menempati posisi terhormat dan strategis dalam konteks kerja elektoral.

“Jabatan itu akan diumumkan oleh Plt Ketum setelah pelaksanaan Rapimnas yang akan digelar dalam waktu dekat,” jelasnya.

“Karena itulah, jika ada yang berasumsi bahwa bergabungnya Pak Sandi ke PPP hanya demi tiket cawapres merupakan pandangan yang dangkal,” tutur Awiek.

Adapun Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono menyatakan bahwa partainya akan meresmikan Sandiaga Uno sebagai kader pada pekan ini.

Mardiono menyatakan, peresmian bergabungnya Sandiaga Uno ke PPP kemungkinan besar dilakukan pada Rabu (14/6/2023).

“Hari Rabu itu nanti insya Allah, nanti hari Rabu secara resmi ini akan kita lakukan penandatanganan ya, atas komitmen Pak Sandi berjuang bersama PPP. Itu insya Allah nanti. Kalau enggak salah nanti pastinya panitia akan menghubungi rekan-rekan awak media,” kata Mardiono saat ditemui di Komnas HAM, Jakarta, Minggu (11/6/2023).

Baca Juga:  PPP Bakal Pecat Caleg yang Ketahuan Lakukan Politik Uang

Mardiono mengatakan, selama tujuh bulan belakangan ini, Sandiaga telah menjalani proses untuk bergabung PPP di antaranya melakukan komunikasi dengan para kiai yang ada dalam partai.

Menurut dia, proses itu dilakukan agar Sandiaga teruji dan memahami karakter dari PPP saat menjadi kader.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2023/06/12/11515661/jika-sandiaga-resmi-bergabung-ppp-sebut-peluang-diusulkan-jadi-bakal

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com