Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP Berencana Umumkan Capres-Cawapres pada Maret

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi memproyeksikan partainya mengumumkan calon presiden dan calon wakil presiden yang dijagokan pada 2024 dalam forum musyawarah kerja nasional (mukernas). Rencananya, forum mukernas ini digelar paling cepat pada Maret mendatang.

“Sepertinya kita akan memutuskan melalui mukernas yang menurut jadwal digelar sekitar Maret ini atau April. Tentu sambil menunggu aspirasi atau usulan wilayah,” kata pria yang akrab disapa Awiek di Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Februari 2023.

Adapun PPP bermitra dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Partai Golkar masih berkukuh mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai capres. Sementara PAN sudah memberikan sinyal dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Awiek mengaku koalisinya enggan grasah-grusuh alias terburu-buru mendapuk capres cawapres. KIB, kata dia, berkomitmen bahwa berpolitik itu harus cermat dan teliti.

“Yang penting bagaimana ending-nya bisa menangkan kontestasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemindahan Ibukota Tak Sederhana dan Perlu Kalkulasi Ulang

Adapun saat ini, Awiek menyebut Ganjar Pranowo jadi salah satu nama bacapres yang diusulkan internal partai di sejumlah wilayah. Dia menyebut bakal menampung aspirasi itu dan membahasnya sebelum memutuskan sosok yang diusung.

Selain Ganjar, sosok seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga mencuat. Dia menjelaskan, di wilayah Jawa Barat nama Ridwan Kamil mencuat. Sementara di Jawa Timur, nama Khofifah yang mencuat.

“Tentu itu akan disampaikan dalam forum pengambilan keputusan. Berdasarkan pengalaman yang ada, PPP tidak pernah mengambil keputusan di luar aspirasi struktur di bawah,” kata dia.

PAN Beri Sinyal Sandingkan Ganjar-Erick

Sebelumnya, nama Ganjar Pranowo dan Erick Thohir tersemat di pantun sambutan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan alias Zulhas dalam rapat koordinasi nasional PAN di Semarang, Ahad, 26 Februari 2023. PAN menggadang-gadang pasangan tersebut maju dalam Pilpres 2024.

“Jalan-jalan ke Simpanglima, jangan lupa beli lumpia. Kalau Pak Ganjar dan Pak Erick sudah bersama, Insya Allah Indonesia tambah jaya,” celetuk Zulhas, disambut tepuk tangan meriah dari ribuan kader yang menghadiri rakornas.

Baca Juga:  Rawan Politisasi, PPP Usul Proses Hukum yang Libatkan Capres-Cawapres Ditunda

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno mengatakan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir merupakan duet lengkap dan tepat dalam kontesasi Pemilihan Presiden 2024. Dia menjelaskan, Ganjar dan Erick merepresentasikan kelompok pemilih Jawa dan luar Jawa.

“Jangan lupa, mereka ini perpaduan yang pas yakni Jawa dan Sumatra,” kata Eddy dalam keterangannya, Ahad, 26 Februari 2023.

Menurut Eddy, Ganjar jadi pilihan terbaik mengingat hasil beragam lembaga survei menempatkannya di posisi teratas sebagai capres 2024. Adapun Erick, kata dia, merupakan sosok pemuda inspiratif dan profesional. Selain itu, Erick juga punya hubungan yang sangat dekat dengan PAN.

“Jadi rasanya cocok kalalu mereka ikut dalam pemilihan capres dan cawapres untuk membangun Indonesia 2024 ke depan,” kata dia.

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1696861/ppp-berencana-umumkan-capres-cawapres-pada-maret

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com