Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

Prediksi Terbaru Momen Reshuffle Usai Amali Mundur dari Menpora

Jakarta – Zainudin Amali telah menyatakan mundur sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Muncul prediksi reshuffle setelah mundurnya Amali.

Presiden Jokowi menyampaikan langsung informasi Zainudin Amali sudah mundur secara informal dari kursi Menpora. Zainudin Amali sudah menghadap Jokowi setelah dirinya terpilih sebagai Waketum PSSI dan menyatakan ingin berfokus di organisasi sepakbola tersebut.

Wapres Ungkap Potensi Reshuffle

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bicara potensi adanya reshuffle setelah Zainudin Amali mundur. Ma’ruf menyampaikan kemungkinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggunakan kesempatan itu untuk melakukan reshuffle kabinet.

“Yang jelas sekarang Menpora mundur, dan kalau nanti proses administrasi sudah berjalan, apakah Presiden akan menunjuk menteri baru atau dijabat oleh siapa,” kata Ma’ruf Amin kepada wartawan di Mamuju, Sulawesi Barat, Jumat (24/2).

“Atau kemudian menggunakan kesempatan itu untuk me-reshuffle, itu keputusannya Pak Jokowi, Pak Presiden,” lanjutnya.

Ma’ruf mengatakan reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden. Untuk itu, Ma’ruf meminta publik menunggu keputusan Jokowi.

“Ya kalau presidennya mau (reshuffle), itu urusannya Presiden, hak prerogatif Presiden, kita tunggu saja,” pungkas Ma’ruf.

Baca Juga:  PPP: Tak Pernah Ada Wacana Ganjar-Anies

PPP Bicara Potensi Reshuffle

Terbaru, Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek menyebut adanya potensi reshuffle atau perombakan kabinet seiring mundurnya Amali. Dia menyebut setidaknya pengumuman Menpora baru itu akan dibarengi dengan pengisian posisi wakil menteri yang masih kosong.

“PPP pada prinsipnya menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi, tapi setidaknya sinyal-sinyal itu sudah mulai terang kalau bakal ada pergantian, salah satunya dari Menpora itu. Kan orang sudah mengajukan pengunduran diri. Kan di politik orang yang sudah mundur nggak mungkin ditahan-tahan juga,” kata kata Awiek seusai acara survei Median di Hotel Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2923).

Awiek mengatakan Jokowi memiliki hak prerogatif sebagai presiden untuk melakukan reshuffle. Jika ada kinerja menteri yang dinilai buruk menurutnya, tidak ada salahnya dilakukan reshuffle.

“Beliau (Presiden) yang memiliki hak prerogatif kalau ada kabinet-kabinet yang dikira performa kinerjanya kurang baik, ya tidak ada salahnya Presiden melakukan reshuffle. Tapi yang jelas bahwa hari ini beberapa pos wakil menteri itu masih kosong. Ya bisa jadi kalau ada reshuffle itu juga diisi,” tutur Awiek.

Baca Juga:  PPP Gelar Rapimnas Bahas Tugas Sandiaga Uno

Lebih lanjut Awiek menilai kader PPP siap jika diminta mengisi jabatan itu. Dia prediksi pengumuman Menpora baru akan dibarengi dengan pengisian posisi wamen.

“Kalau PPP dipercaya, kita siap, gitu kan, tapi kan kita tidak bisa mendikte Presiden. Tapi, kalau memang ada reshuffle, kok sepertinya tidak hanya di satu tempat karena posisi wakil menteri banyak yang kosong. Kalau diisi ya itu momentumnya Presiden Jokowi untuk melakukan pengisian pos wamen yang masih kosong,” tutur Awiek.

“Prediksi saya, ya itu tadi kalaupun Menpora dengan wamen, yang lain-lain terserah Presiden Jokowi. Beliau sudah memiliki buku parameter kerja kabinet gitu,” sambungnya.

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-6594237/prediksi-terbaru-momen-reshuffle-usai-amali-mundur-dari-menpora?single=1

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com