Calon Terpilih 100% Serahkan LHKPN, PPP: Ini Bentuk Ketaatan Pada Hukum

Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan jumlah anggota DPR terpilih yang sudah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Dari 9 partai yang memiliki wakil di DPR, hanya tiga partai yang 100% wakilnya menyerahkan LHKPN yaitu PPP, PAN dan Golkar.

“Dari 575 calon terpilih, ada 485 calon terpilih yang sudah menyerahkan LHKPN atau sebesar 84,35 persen,” kata Ketua KPU Arif Budiman di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8/2019).

Sebanyak 90 orang calon terpilih belum menyerahkan LHKPN. KPU menunggu agar calon terpilih yang belum menyerahkan LHKPN untuk segera menyerahnnya sebagai bentuk kepatuhan pada undang-undang.

Partai yang anggota paling banyak belum menyerahkan LHKPN adalah PDIP. Dari 128 anggota, baru 71 orang yang sudah menyerahkan LHKPN atau sebesar 55%, ada 57 orang yang belum menyerahkan. Sementara itu Gerindra dari 78 calon terpilih, baru 63 orang yang sudah menyerahkan atau 81%.

Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan, pihaknya memang sejak awal telah meminta calon terpilih bagi di tingkat DPR maupun DPRD untuk menyerahkan LHKPN sebelum batas waktu yang sudah ditentukan. Makanya, para calon terpilih PPP sejak awal menyiapkan dan saat ini sudah 100% telah menyerahkan.

“Sebanyak 100 persen calon terpilih DPR RI dari PPP sudah menyerahkan LHKPN. Ini merupakan bentuk nyata komitmen kami untuk mematuhi undang-undang yang berlaku,” kata Baidowi.

Calon terpilih dari Dapil Jawa Timur XI ini menyebut dengan sejumlah persyaratan yang sudah dipenuhi calon terpilih PPP maka mereka siap menyemban amanah sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.[]

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *