Mantan Wartawan Jadi Jawara PPP

Komisi Pemilihan Umum ( KPU) menetapkan perolehan suara partai politik hasil Pemilu 2019. Penetapan perolehan suara dan jumlah kursi di DPR 2019-2024 itu dilakukan di Kantor KPU pusat, Sabtu (31/8/2019). Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraih 6.323.147 suara (4,52 persen). Hasil itu membuat “partai Ka’bah” mengantongi 19 kursi di Senayan, atau paling kecil dibanding delapan parpol lainnya.

Berikut lima caleg asal PPP yang meraih suara terbanyak:

1. Achmad Baidowi
Baidowi adalah caleg petahana dari PPP. Ia maju lewat daerah pemilihan Jawa Timur XI. Mantan wartawan salah satu media cetak nasional ini memperoleh sebanyak 227.170 suara. Saat ini Awiek, sapaan akrabnya, duduk di Komisi II DPR.

2. Amir Uskara
Amir Uskara juga caleg petahana PPP. Pada pileg 2019, ia kembali maju lewat dapil Sulawesi Selatan I. Dapil ini meliputi Kab. Bantaeng, Kab. Gowa, Kab. Jeneponto, Kab. Kepulauan Selayar, Kab. Takalar, dan Kota Makassar itu. Amir meraih 91.970 suara.

3. Arwani Thomafi
Arwani Thomafi juga adalah caleg petahana dari partai ka’bah. Ia mencalonkan diri lewat dapil Jawa Tengah III. Di dapil yang meliputi Kab. Blora, Kab. Grobogan, Kab. Pati, dan Kab. Rembang itu, ia meraih 77.724 suara. Ia saat ini berada di Komisi II DPR.

4. Elly Rachmat Yasin
Elly pendatang baru di Senayan. Ia maju lewat dapil Jawa Barat V meliputi Kabupaten Bogor. Meski baru pertama kali mencalonkan diri sebagai anggota DPR, tetapi Elly tak asing di dunia politik. Ia merupakan istri mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin. Pada pemilu 2019 ia meraih suara 71.884 dari masyarakat Bogor.

5. Nurhayati
Nurhayati adalah caleg petahana PPP. Ia maju lewat dapil Jawa Barat XI meliputi meliputi Kab. Garut, Kab. Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya. Pada pemilu 2019 ia berhasil meraup 61.603 suara. []

 

Sumber: indopolitika.com

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *