Amien Rais Siap Nyapres, PPP Ungkit Kekalahan di Pilpres 2004

ACHBAIDOWI.COM | Jakarta – PPP meragukan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais maju jadicalon presiden 2019. PPP mengungkit kekalahan Amien pada Pilpres 2004 saat berduet dengan Siswono Yudo Husodo.

“Amien Rais? Menjadi ketua MPR yang banyak melakukan amendemen UUD 1945 yang salah satunya memicu liberalisasi politik dan ekonomi. Dan pemilu 2004 juga sebagai calon presiden, hasilnya ya kalah,” ujar Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Minggu (10/6/2018).

Salah satu pemicu Amien siap nyapres karena kemenangan Mahathir Mohammad sebagai PM Malaysia di usia ke-92. PPP menilai kemenangan Mahathir tidak bisa disamakan dengan peta politik di Indonesia.

“Menyamakan diri dengan Mahathir ya jauh lah dan beda situasi sosial-politiknya. Mahathir pernah menjadi PM dan berprestasi sehingga dikenang oleh rakyat Malaysia. Maka ketika Mahathir kembali ke politik, daya ingat rakyat Malaysia masih kuat,” tutur Anggota Komisi II DPR ini.

Sebelumnya, Amien sudah berbicara soal kesiapan dia menjadi capres saat menghadiri buka puasa bersama di rumah dinas Ketum PAN Zulkifli Hasan. Elite PAN juga menegaskan kesiapan Amien nyapres.

“Karena begitu Mahathir jadi PM Malaysia, Pak Amien jadi merasa remaja karena 20 tahun lebih muda. ak Amien kan di bawahnya, jadi sangat memungkinkan karena secara fisik dan pemikiran siap,” ujar Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay. (DETIK.COM/dkp/tor)