Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

Golkar dan PAN Sebut Belum Dengar Usulan Pencapresan Sandiaga Uno oleh PPP

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut pihaknya belum mendengar soal isu Partai Persatuan Pembangunan atau PPP bakal mengusulkan Sandiaga Uno sebagai calon presiden 2024 dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Golkar, PPP, dan Partai Amanat Nasional (PAN) berada di koalisi tersebut.

“Belum dengar (PPP usulkan Sandiaga capres),” kata Airlangga di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Januari 2023.

Menko Bidang Perekonomian itu menyebut pembahasan capres dari KIB masih ada di proses selanjutnya. Saat ini Golkar masih berkonsolidasi dengan 8 partai politik soal penolakan Pemilu Proposional Tertutup.

Sementara itu Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno juga melontarkan jawaban yang sama soal usulan Sandiga Uno menjadi capres dari PPP. Ia juga menyebut parpol di KIB belum ada yang saling mengusulkan nama capres masing-masing.

“Kami belum mendengar berita tersebut (PPP usulkan Sandiaga capres),” kata Eddy.

PPP Nyatakan Sandiga Layak Didukung jadi Capres

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi alias Awiek menjawab soal kemungkinan partainya mengajukan nama Sandiaga Uno ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk diusung dalam Pilpres 2024. Saat ini politikus Gerindra itu tengah menjadi sorotan karena isu perpindahannya ke PPP.

Baca Juga:  Jajaki Kerja Sama, GMPI Terima Kunjungan Pemuda Amanah Malaysia

“Kalau kemudian KIB mengusungnya di Pilpres ya bisa saja dan kami melihat Pak Sandiaga itu sebagai salah satu tokoh yang layak diusung dalam Pilpres. Apakah jadi diusung? Ya, nanti lah,” kata Awiek saat dihubungi Tempo, Senin, 9 Januari 2023.

Awiek mengatakan pihaknya sampai sekarang belum pernah melakukan pembahasan dengan Partai Gerindra soal isu perpindahan Sandiaga Uno. Menurut dia, isu perpindahan merupakan kewenangan Partai Gerindra.

Namun, jika Sandiga Uno memantapkan diri berpindah ke PPP, Awiek mengatakan partai berlambang Ka’bah itu bakal menerimanya tanpa syarat khusus. “Ga ada syarat khusus. Orang mau masuk PPP hanya syarat umum, terutama punya integritas, loyalitas, dan kapasitas,” kata Awiek.

Internal Gerindra Cium Gelagat Sandiga Pindah ke PPP

Ketua DPP Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan informasi soal Sandiaga Uno pindah ke PPP didapatnya dari seorang temannya di partai ka’bah. Dasco mengatakan, Sandiaga lebih banyak hadir di acara partai lain dan sosialisasi capres.

Padahal, rapat pimpinan nasional (rapimnas) Partai Gerindra sudah mendapuk Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai capres. Oleh sebab itu, Dasco mengatakan jika Sandiaga ingin maju sebagai calon presiden atau capres 2024, maka bisa melalui partai lain.

Baca Juga:  PPP Respons SMRC soal Suara Anjlok: Pemilih Kami Banyak di Pelosok, Tak Terjamah Lembaga Survei

“Ya itu nggak ada masalah jika ingin maju melalui partai lain, tapi harus jadi partai lain. Kita lihat belakangan yang bersangkutan lebih banyak hadir di acara partai lain dan untuk melakukan sosialisasi capres,” kata Dasco di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 3 Januari 2023.

Dasco menegaskan partainya tidak keberatan jika ada kader yang hendak mengikuti kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Ia menyebut tidak bermaksud menghalangi-halangi dan bakal memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada kader tersebut.

“Sebagai anak bangsa, kami, Pak Prabowo, tentunya tidak keberatan jika ada yang ingin ikut kontestasi Pilpres. Tentunya melalui mekanisme dan ketentuan yang ada,” ujarnya.

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1678268/golkar-dan-pan-sebut-belum-dengar-usulan-pencapresan-sandiaga-uno-oleh-ppp?page_num=1

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com