Kader Jatim Condong ke Gus Ipul, PPP Singgung Konsolidasi Khofifah

Jakarta РPartai Persatuan Pembangunan (PPP) menyebut ada perubahan peta politik di Jawa Timur 2018 terkait pengusungan bakal calon gubernur. PPP menyebut kader mereka di Jawa Timur saat ini condong ingin mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul), yang berpasangan dengan Abdullah Azwar Anas.

“Pilgub Jatim, PPP belum memutuskan siapa yang akan didukung. Hasil Rapimwil 70 persen DPC mengajukan Gus Ipul dan 30 persen menyerahkan ke DPP,” ujar Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) kepada wartawan, Senin (25/12/2017).

Awiek menyebut dukungan akar rumput PPP ke Gus Ipul cenderung cukup besar. Melihat fakta tersebut, tim pemenangan Pemilu PPP mulai memetakan kembali arah politik mereka.

“Kami di LP2 (Lajnah Pemenangan Pemilu) sedang melakukan kajian dan kalkulasi politik untuk memberikan dukungan,” tutur Awiek.

Meski demikian, DPP PPP dalam beberapa kesempatan menyatakan kemungkinan mereka mengusung Khofifah cukup besar. Terkait kemungkinan pengusungan Khofifah dan peta politik terkini di Jawa Timur, PPP menyinggung perbedaan komunikasi yang dijalin oleh Menteri Sosial itu dengan Gus Ipul.

“Sejauh ini Gus Ipul sudah berjalan konsolidasinya, sementara Khofifah-Emil belum maksimal,” ucapnya.(detik.com:gbr/bag)