Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP Akan Gugat Hasil Rekapitulasi ke MK

Jakarta, Aktual.com – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengajukan gugatan terkait hasil rekapitulasi pemilu ke Mahkamah Konstitusi (MK).

 

“Sesuai ketentuan UU, PPP memiliki waktu 3 hari untuk menyikapi hasil rekapitulasi nasional dengan mengajukan ke MK,” kata Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek dalam keterangannya di Jakarta, Rabu(20/3).

 

Awiek mengungkapkan kekecewaannya karena PPP gagal memenuhi ambang batas untuk melaju ke Senayan meskipun data internal partai menunjukkan hasil yang berbeda dengan KPU.

 

PPP sudah menyiapkan tim hukum untuk mengajukan gugatan.

 

“Data-data kami kumpulkan dari DPC dan saat ini sedang verifikasi,” jelasnya.

 

Meskipun demikian, Awiek menyatakan bahwa PPP menghormati hasil rekapitulasi nasional yang diumumkan KPU sebagai bagian dari tahapan pemilu sesuai ketentuan UU Pemilu.

 

Sebelumnya, rekapitulasi nasional suara pemilihan legislatif (pileg) 2024 telah selesai. Ada 8 partai yang lolos parlemen, sedangkan PPP dan PSI tidak mencapai 4 persen.

 

Berdasarkan pasal 414 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, syarat partai politik lolos parlemen adalah minimal 4 persen suara nasional.

Baca Juga:  PPP Jawab PKS yang Tunjuk Jokowi: Memang Kontrak Politik Anies Tuntas?

 

Dihitung secara manual, terdapat 8 partai politik yang meraih suara lebih dari 4 persen. PPP yang pemilu 2019 lolos parlemen, kini terancam tak lolos dengan raihan suara di bawah ambang batas.

 

SUMBER: https://aktual.com/ppp-akan-gugat-hasil-rekapitulasi-ke-mk/

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com