Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP Dengar PAN Condong Dukung Ganjar: Kalau ke Prabowo Mau Diapain Lagi

Jakarta – Wasekjen PAN Fikri Yasin mengaku partainya condong mendukung Prabowo Subianto di Pemilu 2024. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) justru mendengar kabar sejumlah Elite PAN lebih condong mendukung Ganjar Pranowo.

“Dengarnya dari media. Tapi di sejumlah elite PAN menyatakan lebih nyaman dengan Pak Ganjar,” kata Awiek saat ditemui di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (27/6/2023).

Awiek tak mendetailkan siapa saja elite PAN yang mengaku lebih nyaman jika mengusung Bacapres PDIP itu. Meski begitu, Awiek meyakini saat ini PAN belum mengumumkan secara resmi Bacapres yang didukungnya.

“Tapi sampai sekarang PAN belum memutuskan. Ya kita hormati, kita tunggu. Barangkali kawan PAN yang bilang ke saya bilang cenderung ke Ganjar, gambaran keputusan PAN ke depan kita hormati, kita hargai,” jelasnya.

Di sisi lain, PPP menghormati segala keputusan yang akan diambil PAN sebagai rekan sesama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). PPP pun pasrah apabila PAN pada akhirnya merapat ke Gerindra untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai Bacapres.

Baca Juga:  Alasan PPP Belum Mau Setorkan Nama Capres ke PDIP

“Kalau PAN ke Prabowo ya mau diapain lagi, mereka punya hak politik yang sama,” ujarnya.

Nasib KIB

Awiek juga berbicara mengenai nasib KIB di masa mendatang. Menurutnya, KIB akan berakhir apabila capresnya tak sama.

Awiek awalnya menuturkan, sejak awal KIB terbentuk dengan mengusung bacapresnya masing-masing. Di mana, Golkar saat itu mengusung Ketumnya, Airlangga Hartarto sebagai bacapresnya. Sementara PAN masih menimbang-nimbang sementara PPP mengusung Ganjar Pranowo.

“Ketika KIB terbentuk di awla itu baru satu capres yg punya capres namanya airlangga hartanto. Disampaikan silahkan anggota KIB lainnya ajukan nama-nama boleh. Ya kita ajukan, kita (PPP) putuskan namanya Pak Ganjar,” terangnya.

Awiek pun menyebut partainya telah menyodorkan nama Bacapres Ganjar Pranowo kepada Golkar dan PAN sebagai rekan KIB. Namun Awiek meyakini KIB akan bubar jika tak mengusung nama yang sama.

“Kemudian yang udah ngusung Ganjar siapa ya PDIP ya kita kulo nuwon ke PDIP. Kalau nanti ternyata PAN dan Golkar sama-sama usung Ganjar berarti KIB Plus. Tapi kalau tidak sama, KIB akan berakhir pada saatnya nanti,” tegasnya.

Baca Juga:  PPP Respons Klaim Dasco: Kalau Benar Sandiaga Uno Gabung PPP, Alhamdulillah

Sebelumnya diberitakan, PAN mengaku condong ke bacapres Prabowo Subianto. Hal ini disampaikan merespons Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengajak partai politik yang masih pikir-pikir, untuk bergabung bersama partainya mendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo pada puncak Bulan Bung Karno beberapa waktu lalu.

“Kalau soal capres dari PAN, sejauh ini memang mengarah ke Pak Prabowo Subianto atas koalisi 4 partai, yaitu Gerindra, PAN, Golkar, PKB,” kata Wasekjen PAN Fikri Yasin dikonfimasi, Senin (26/6).

Fikri menyebut partainya menjalin komunikasi dengan semua pihak. Dia mengaku PAN tengah intens berkomunikasi dengan Gerindra, Golkar dan PKB.

Ia mengatakan untuk saat ini PAN condong mendukung Prabowo. Fikri mengucapkan terima kasih dengan ajakan koalisi dari setiap partai.

“Memang komunikasi kita jalin ke semua partai seperti biasanya. Tapi saat ini yang paling intens ya memang dengan empat partai yaitu Gerindra, Golkar dan PKB,” ujar Fikri.

“Dan potensi paling besar menjadi calon presiden di antara yang beredar saat ini ya Prabowo Subianto. Tapi terhadap ajakan kepada PAN untuk bergabung tentu kita mengucapkan terima kasih,” imbuhnya.

Baca Juga:  Baleg DPR Ungkap Alasan Perppu Ciptaker Belum Disahkan di Paripurna Hari Ini

Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-6795267/ppp-dengar-pan-condong-dukung-ganjar-kalau-ke-prabowo-mau-diapain-lagi

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com