PPP Garap Pulau Raas dan Sapudi untuk Pemenangan Khofifah-Emil

SUMENEP – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terus memanaskan mesin politik untuk memenangkan pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak pada Pilgub Jatim 2018. Sebagai bentuk keseriusan, parpol berlambang kakbah tersebut menyasar pemilih di kepulauan di Sumenep.

Selama dua hari sejak Jumat (4/5/2018), Achmad Baidowi, Sekretaris Tim PPP untuk Khofifah-Emil melakukan konsolidasi di Pulau Raas dan Pulau Sapudi, Kabupaten Sumenep. Jumlah pemilih dari dua pulau tersebut mencapai 69 ribu orang tersebar di Pulau Raas 29 ribu pemilih dan Pulau Sapudi 40 ribu pemilih.

Selama konsolidasi, turut serta sejumlah pengurus DPC PPP Sumenep. Di dua pulau tersebut, Awiek, sapaan akrab Achmad Baidowi, bertemu dengan ulama dan tokoh pesantren serta pengurus PPP.

Di Pulau Raas pertemuan dengan ratusan tokoh ditempatkan di Ponpes Kasyfudduja pimpinan KH Rosyid Nur, sementara konsolidasi struktur PPP digelar di Desa Ketupat. Di Pulau Sapudi, konsolidasi digelar di kediaman anggota Fraksi PPP DPRD Sumenep H. Mas’ud.

Awiek menyatakan, kehadirannya di kepulauan Sumenep untuk memastikan dukungan ke Khofifah solid. Sebab, selama pilkada ini baik Khofifah maupun Emil belum pernah berkunjung ke dua pulau tersebut. Padahal, suara pemilih di kepulauan tersebut sangat besar.

“Suara di kepulauan Sumenep itu lumayan, maka PPP serius menggarapnya,” kata Awiek, Sabtu (5/5/2018).

Anggota Komisi II DPR ini menambahkan, persaingan di wilayah kepulauan Raas dan Sapudi sementara ini cukup sengit, mengingat sejumlah tokoh ponpes berpengaruh di Tapal Kuda dan Madura  mendukung pasangan lain. Atas dasar itulah, pihaknya akan memaksimalkan jejaring lain untuk mengimbangi pergerakan lawan.

“Jaringan lintas pondok pesantren dan lintas ormas kita perkuat. Insya Allah dengan kekuatan PPP, perolehan Khofifah di Raas dan Sapudi bisa maksimal,” katanya.

Untuk membantu para relawan, PPP membagikan alat peraga berupa baliho berukuran kecil. Selanjutnya, alat peraga tersebut diminta untuk ditempatkan di halaman rumah masing-masing.

Sementara itu, Ketua PAC PPP Raas Darmawi Syam mengatakan, kehadiran tim pusat PPP berdampak positif terhadap  kerja pemenangan. Sebab, sebelumnya Khofifah direncanakan hadir di Raas namun ditunda. “Kedatangan tim PPP ini menjadi obat kekecewaan warga,” ujar Darmawi.

Jumlah pemilih di Kecamatan Raas sekitar 29 ribu. Ketika pilkada diperkirakan hanya sekitar 20 ribu yang menyalurkan hak pilihnya, mengingat banyak warga Raas yang merantau ke daerah lain. (daerah.sindonews.com)