Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP ke PDIP: KIB Terbuka Nambah Anggota, Duduk Bersama

Jakarta – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut PDIP akan buka peluang kerja sama dengan koalisi yang belum tetapkan capres. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi (Awiek) mengatakan KIB terbuka untuk menambah anggota.

“Kalau soal koalis KIB tentu terbuka, sebagaimana disampaikan di awal bahwa KIB sangat berpeluang menambah anggotanya asalkan memiliki platform dan komitmen yang sama,” ujar Awiek saat dihubungi, Minggu (19/2/2023).

Awiek mengaku menghargai sikap PDIP yang memutuskan bergabung dalam koalisi. Menurut Awiek, idealnya partai bergabung dengan koalisi yang belum menentukan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung.

“Ya itukan kita terima baguslah dari PDIP kan idealnya koalisi itu koalisi yang belum menentukan calon presiden,” kata Awiek.

Sehingga menurutnya partai dapat duduk bersama membahas kriterai calon yang akan diusung. Awiek menyebut inilah yang dilakukan oleh KIB.

“Partai yang belum menentukan calon presiden sehingga bisa duduk bareng seperti yang kami lakukan di KIB itukan duduk bareng untuk membicarakan kebutuhan dari masing-masing partai, terusnya terhadap figur calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung,” tuturnya.

Baca Juga:  Desak Dirut dan Komut Pertamina Dipecat, PPP: Mereka Tak Mampu Beri Solusi

Diketahui sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto merespons terkait pernyataan anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu yang meminta maaf kalau partainya berkoalisi dengan ‘Koalisi Perubahan’ yang hendak dibesut NasDem, PKS, dan Demokrat. Hasto menyebut PDIP akan buka peluang kerja sama dengan koalisi yang belum tetapkan capres.

Awalnya Hasto merespons pernyataan Masinton. Dia mengatakan persoalan kerja sama partai merupakan kewenangan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Seluruh kebijakan strategis partai kan berada di tangan DPP PDIP yang dipimpin oleh Ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga direction terkait kerja sama partai politik itu nanti dari Ibu Megawati Soekarnoputri,” kata Hasto kepada wartawan di alun-alun Lebak, Banten, Minggu (19/2/2023).

Hasto lalu menjawab terkait peluang koalisi dengan partai-partai pengusung Anies Baswedan. Dia mengatakan PDIP berkomitmen kerja sama dengan partai-partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ya kalau kerja sama kan PDI Perjuangan terus sampai saat ini pun kami commited dengan kerja sama yang telah dibangun di dalam kerja sama Pak Jokowi dan K.H Ma’ruf Amin, ini kan tinggal dilanjutkan di dalam kerja sama,” ucapnya.

Baca Juga:  Achmad Baidowi Fasilitasi Santri Abuya Maladi Belajar Menjahit

Namun demikian, Hasto menyebut kerja sama itu mungkin hanya dengan koalisi yang belum menentukan capres dan cawapres.

“Selama calon presiden dan calon wakil presiden pada akhirnya bisa dikerucutkan, ketika di dalam kerja sama sudah ada yang mendahului menetapkan calon presiden itu kedaulatan dari partai tersebut, tapi partai yang belum menetapkan calon presiden dialog akan terus dilakukan,” ujarnya.

Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-6577843/ppp-ke-pdip-kib-terbuka-nambah-anggota-duduk-bersama

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com