Setidaknya Ada 5 Kementerian yang Butuh Wakil Menteri

Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Achmad Baidowi menyebut setidaknya terdapat lima kementerian yang membutuhkan pejabat wakil menteri.

Kelima kementerian itu adalah Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Agama (Kemenag), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Sebaiknya Presiden segera mengisi pos wakil menteri yang dibutuhkan,” kata sosok yang akrab disapa Awiek itu lewat keterangannya, Rabu (23/10).

PPP meminta Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin segera menujuk orang-orang yang akan menduduki jabatan wakil menteri di pos-pos tersebut.

Dia menerangkan bahwa lima kementerian tersebut membutuhkan pejabat wakil menteri karena memiliki tugas yang banyak. Selain itu, kebutuhan wakil menteri di lima kementerian itu juga lahir karena latar belakang menteri yang telah dilantik Jokowi pada hari ini.

“Beberapa menteri memerlukan jabatan wakil, jika dilihat dari banyaknya tugas serta latar belakang menteri. Hal ini untuk mempercepat akselerasi pelaksanaan program,” ucap Awiek.

Di sisi lain, Awiek berkata bahwa beberapa nama yang terpilih dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf penuh kejutan, jika dilihat dari latar belakang pengalaman maupun keilmuan yang disandingkan dengan tugas, pokok, serta fungsi di masing-masing kementerian.

Namun begitu, lanjutnya, PPP memahami pilihan Jokowi yang memberikan kepercayaan kepada sosok-sosok tersebyt sebagai implementasi dari hak prerogatif presiden.

“Tentu saja Presiden sudah melakukan pengecekan dan pertimbangan matang,” tutur Awiek.[]

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *