Achmad Baidowi Gelar Wakaf Al-Qur’an di Pamekasan

Pamekasan (beritajatim.com) – Ketua Yayasan Wakaf Qur’an Indonesia (YWQI) Achmad Baidowi melaksanakan wakaf al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Madani, Desa Branta Tenggih, Kecamatan Tlanakan, Minggu (12/11/2017).

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka Gerakan Nasional Wakaf al-Qur’an sebagai upaya untuk terus menghidupkan syiar Islam. “Ini kegiatan sosial kami berupa wakaf al-Qur’an kepada para guru ngaji dan masyarakat muslim, khususnya di Desa Branta Tenggih, Tlanakan,” kata Achmad Baidowi.

“Dalam kesempatan ini, kami membawa sebanyak 2.500 mushaf al-Qur’an yang diperuntukkan bagi enam lembaga pendidikan Islam di Madura dengan sasaran para guru ngaji dan masjid-masjid,” sambung anggota DPR RI itu.

Kegiatan itu sengaja dilakukan sebagai bentuk keprihatinan dirinya terhadap keberadaan al-Qur’an di berbagai masjid di Madura. “Kami prihatin dengan mushaf qur’an di masjid yang kurang layak baca, robek dan kurang lengkap lembarannya. Bahkan juga ada yang dimakan rayap dengan sampul terkelupas dan dibiarkan begitu saja,” ungkapnya.

“Karena ini kitab suci (umat Islam) tidak layak dibuang, sehingga perlu pembaharuan agar ada cetakan ulang terhadap mushaf qur’an agar nantinya bisa dibaca umat Islam, dihayati maknanya dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Dalam momentum tersebut, pihaknya sengaja memprioritaskan di dua titik berbeda di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam. “Di Pamekasan kita konsentrasikan di Tlanakan dan di Desa Sana Laok, Waru,” beber¬† Wakil Sekjen DPP PPP itu.

“Saat ini kita sudah mencetak mushaf qur’an dengan target diperuntukkan satu masjid 10 mushaf qur’an, sampai saat ini baru kita realisasikan 50 ribu. Sebab kami kesulitan wakif untuk mewakafkan, tapi untungnya dari DPRD Pamekasan juga berkenan untuk menjadi wakif. Selama ini banyak yang meminta wakaf, tapi enggan menjadi donatur atau wakif,” pungkasnya.

Dalam kegiatan wakaf al-Qur’an tersebut, juga tampak hadir Ketua DPRD Pamekasan Halili yang juga ikut mendampingi sekaligus membagikan mushaf al-Qur’an bersama politisi senayan. [pin/kun]