Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

Elektabilitas Ganjar-Mahfud Moncer di Klaster Buruh, Awiek PPP: Rekam Jejak Mereka Sudah Teruji

jpnn.com – JAKARTA – Hasil survei terbaru Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menunjukkan pasangan Capres-Cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam isu perburuhan dan ketenagakerjaan.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan Ahmad Baidowi mengapresiasi hasil survei LPI tersebut. Awiek, panggilan akrab Ahmad Baidowi, mengatakan apa pun hasil survei itu tetap ditempatkan sebagai motivasi untuk terus bergerak.

“Terlebih dari survei LPI, pasangan Ganjar-Mahfud yang rerata unggul di atas 60 persen dari klaster perburuhan maupun isu ekonomi dan sosial lainnya,” kata Awiek saat hadir sebagai narasumber di rilis hasil survei LPI tentang “Elektabilitas Capres-Cawapres di Kalangan Buruh” di Jakarta, Jumat (1/12).

Seperti diketahui, dari hasil survei terbaru LPI, pasangan Ganjar-Mahfud dinilai responden lebih peduli isu buruh dan tenaga kerja dibandingkan dua paslon lainnya.

Dalam survei ini, LPI memotret persepsi publik terhadap isu perburuhan mengingat situasi terkini ada desakan kuat dari elemen buruh terhadap kenaikan upah serta isu-isu lain yang melingkupinya.

Baca Juga:  Anggota Dewan dari PPP Ini Akui Pilkada Lalu Warga Terkotak-kotak

“Dari survei LPI, sebanyak 68 persen publik menilai pasangan Ganjar-Mahfud MD yang paling peduli terhadap isu perburuhan dan ketenagakerjaan,” kata Wakil Direktur LPI Ali Ramadhan dalam rilis hasil survei LPI bertajuk “Elektabilitas Capres-Cawapres di Kalangan Buruh” di Jakarta, Jumat (1/12).

Pasangan Anies-Cak Imin berada di urutan kedua dengan raihan 12,5 persen. Sementara, Prabowo-Gibran di urutan ketiga dengan 10,75 persen. “Yang tidak menjawab sebesar 8,75 persen,” ungkap Ali.

Menurut dia, terdapat sejumlah alasan yang menyebabkan pasangan Ganjar-Mahfud unggul di isu perburuhan atau ketenagakerjaan. Pertama, dari data survei terlihat bahwa ada pernyataan Prabowo Subianto di sebuah forum yang meminta kepada kaum buruh untuk tidak selalu menuntut kenaikan upah.

“Nah ini, mendapat reaksi dari hampir mayoritas kaum buruh,” ujar Ali.

Kedua, sebagian responden melihat rekam jejak, serta kemauan dari pasangan Ganjar-Mahfud MD dalam mengakomodasi aspirasi kaum buruh dan komitmen melakukan kebijakan afirmatif yang melindungi buruh, tetapi juga tidak merugikan pelaku usaha.

“Suara mayor kaum buruh juga menghendaki revisi UU Ciptaker,” kata Ali.

Baca Juga:  PPP Tepis Isu Terkait Dukung Ganjar Pranowo jadi Cawapres Prabowo Subianto

Survei LPI digelar 22- 27 November 2023.

Survei ini dilakukan 18 provinsi terhadap 1.700 responden yang merupakan pekerja atau buruh berumur 17 tahun atau sudah menikah.

Adapun survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error plus minus 2,53 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baidowi menjelaskan bahwa saat ini masyarakat pemilih, tidak terkecuali kaum buruh, sudah cerdas dalam memilih dan menilai setiap kontestan Pilpres 2024.

Dia menilai rekam jejak Ganjar Pranowo itu telah teruji dalam merespons isu ketenagakerjaan saat menjabat gubernur Jawa Tengah selama dua periode.

“Program Pak Ganjar Pranowo ini bukan mengawang-awang. Beliau telah membuktikannya saat menjabat gubernur,” katanya.

Menurut Awiek, meski tingkat upah minimum provinsi (UMP) Jateng tidak terlalu tinggi sebagaimana Jakarta, tetapi semasa Ganjar menjabat gubernur, relasi industrial antara pekerja dengan pengusaha itu relatif harmonis.

“Dan ketika ada tuntutan dari kaum buruh untuk kenaikan UMP, Pak Ganjar berdialog untuk mendengarkan serta memberikan solusi praktis tanpa merugikan pihak lain,” katanya.

Baca Juga:  Kisruh Bahlil Cabut Hidupkan IUP, PPP: Jangan Sampai Ada Kementerian Disalahgunakan!

Melalui jabatannya, lanjut dia, Ganjar melakukan intervensi kebijakan agar buruh tetap nyaman bekerja, terjamin, terlindungi, tetapi iklim berusaha kondusif. “Itu juga dibuktikan sederet penghargaan yang diterimanya dari sejumlah instansi dari pemerintahan pusat,” pungkas Ahmad Baidowi.

Sumber: https://www.jpnn.com/news/elektabilitas-ganjar-mahfud-moncer-di-klaster-buruh-awiek-ppp-rekam-jejak-mereka-sudah-teruji

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com