Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

Fraksi PPP Tekankan Penyusunan RAPBN 2024 Harus Pertimbangkan Fleksibilitas Ekonomi Global

Anggota DPR RI Fraksi PPP Achmad Baidowi mengatakan, proyeksi ekonomi yang disusun dalam RAPBN 2024 harus realistis dan mempertimbangkan segala potensi risiko dan ketidakpastian. Menurutnya dalam menghadapi dunia yang terus berubah, fleksibilitas dalam rencana ekonomi sangatlah penting.

Awiek, begitu ia biasa disapa, menilai rentang pertumbuhan ekonomi yang disebutkan (5,3% hingga 5,7%) terlihat cukup optimistis, mengingat kondisi ekonomi global yang dapat berdampak pada pertumbuhan domestik. Ia menyampaikan penting untuk mempertimbangkan ketidakpastian eksternal seperti perubahan geopolitik, perubahan kebijakan global dan dampak pandemi yang masih berlanjut.

“Rentang inflasi yang cukup lebar (1.5% hingga 3,5%) mungkin mengindikasikan ketidakpastian dalam memproyeksi inflasi. Penting untuk memiliki proyeksi inflasi yang lebih akurat karena inflasi yang tidak terkendali dapat berdampak negatif pada daya beli masyarakat,” pungkas Awiek dalam pembacaan pandangan Fraksi PPP terhadap RAPBN 2024 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/8/2023).

Ia menambahkan, rentang nilai tukar rupiah terhadap USD yang diberikan Rp14.700 hingga Rp15.300 per USD menunjukkan potensi volabilitas nilai tukar. Fluktuasi nilai tukar yang besar dapat mempengaruhi stabilitas ekonomi dan perdagangan, oleh karena itu penting untuk memiliki strategi pengelolaan resiko yang efektif.

Baca Juga:  PDIP Klaim Serius Ajukan Hak Angket Terkait Pemilu, PPP Fokus Lolos ke Senayan

“Dalam RAPBN 2024 Presiden Jokowi mengumumkan rencana besar pada tahun depan yang berfokus pada pembangunan infrastruktur. Presiden mengatakan bahwa infrakstuktur adalah kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Dana sebesar Rp422,7 trilliun akan dialokasikan untuk untuk proyek infrastruktur di seluruh Indonesia,” imbuhnya.

“Fraksi PPP menilai rencana ini akan menjadi langkah yang positif bagi Indonesia. Rencana ini akan meningkatkan konektivitas dan daya saing Indonesia l, serta membentuk dasar yang kuat untuk masadepan,” tukas Awiek.

Sumber: https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/45991/t/Fraksi+PPP+Tekankan+Penyusunan+RAPBN+2024+Harus+Pertimbangkan+Fleksibilitas+Ekonomi+Global

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com