Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP soal Hak Angket DPR: Fokus Suara, Kalau Ada Kecurangan Kita Kaji

Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Ahmad Baidowi atau Awiek, merespons terkait permintaan capres 03 Ganjar Pranowo agar partai politik pengusungnya agar menggulirkan hak angket dugaan kecurangan Pemilu 2024.

 

Awiek mengatakan, saat ini PPP masih fokus mengawal penghitungan rekapitulasi suara untuk memastikan partai berlambang Ka’bah itu lolos ke parlemen.

 

“Kita masih memikirkan penghitungan suara, masih ngawal penghitungan suara di lapangan ya,” kata Awiek saat dihubungi, Jumat (23/2).

 

“Fokus kita mengawal rekapitulasi suara karena ingin lolos ke parlemen,” imbuhnya.

 

Kendati begitu, Awiek menyebut pihaknya akan mengkaji apabila memang terjadi kecurangan Pemilu.

 

“Ya tentu kalaupun ada kecurangan, bukti-bukti, data-data kita kumpulkan, sedang kita kaji, karena hari ini masih reses, jadi kita masih belum fokus ke sana,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, paslon 03 Ganjar-Mahfud didukung oleh empat partai yakni PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo. Namun, dari dua partai yang ada di parlemen itu, PPP belum mengambil sikap terkait usulan hak angket DPR tersebut.

Baca Juga:  Sandiaga Uno Masuk Bursa Capres PPP

 

Sekilas soal Hak Angket

 

Hak angket merupakan hak penyelidikan DPR, dan terkait kecurangan Pilpres 2024 itu maka KPU dan Bawaslu dapat dimintai pertanggungjawaban.

 

Mekanisme pengunaan hak angket ini cukup panjang. Terdapat beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi selain diusulkan minimal 25 anggota DPR dan lebih dari satu fraksi, yakni:

 

  • Pengusulan hak angket harus disertai dokumen yang memuat setidaknya materi kebijakan dan/atau pelaksanaan UU yang diselidiki dan alasan penyelidikan.
  • Usulan hak angket diterima jika mendapatkan persetujuan dalam rapat paripurna DPR yang dihadiri lebih dari setengah jumlah anggota DPR.
  • Keputusan hak angket diambil dari persetujuan lebih dari setengah jumlah anggota DPR yang hadir dalam sidang paripurna tersebut

 

Jika melakukan perhitungan kursi empat partai yang menyuarakan diberlakukannya hak angket, sudah memenuhi syarat pengajuan dan persetujuan pengambilan dalam rapat paripurna DPR RI.

 

Adapun rinciannya adalah PDIP 128 kursi, Nasdem 59 kursi, PKB 58 kursi, PKS 50 kursi, koalisi gabungan pengusung hak angket ini sudah mengantongi 295 kursi dari 575 kursi.

Baca Juga:  PPP Tunggu Putusan MK soal Gugatan Batas Usia Minimal Capres-Cawapres Jadi 35 Tahun

 

Sumber: https://kumparan.com/kumparannews/ppp-soal-hak-angket-dpr-fokus-suara-kalau-ada-kecurangan-kita-kaji-22Djx6fCU9L/full

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com