Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP Ajak Kader Dukung Sandiaga Uno Nyapres, Sebut Jadi Kandidat Potensial

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan atau PPP Achmad Baidowi mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merupakan kandidat potensial untuk diusung partainya sebagai calon presiden atau capres 2024.

Sebelumnya, Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono menyebut Sandiaga sudah mendapatkan izin dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto untuk gabung ke PPP.

Achmad menjelaskan, PPP memahami jika Sandiaga adalah kader Gerindra yang menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina. Oleh sebab itu, kata Achmad, pernyataan Mardiono merupakan bentuk kulonuwun alias permisi mengingat dukungan ke Sandi demi kepentingan bangsa.

“Pak Sandiaga termasuk salah satu kandidat potensial untuk diusung sebagai capres. Ya mudah-mudahan itu bisa cocok,” kata Achmad saat dihubungi, Senin, 13 Februari 2023.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara mengatakan Mardiono justru menyampaikan bahwa Sandi harus dapat izin dari Prabowo jika hendak gabung ke PPP.

“Pak Mardiono justru menyampaikan kalau Pak Sandi harus dapat izin dari Pak Prabowo kalau mau gabung PPP, bukan sudah dapat izin,” kata Amir.

Baca Juga:  Menag Kunjungi Ponpes Darul Ulum Pamekasan

Adapun dukungan nyapres terhadap Sandi disebut Amir merupakan upaya partainya mendorong tokoh bangsa yang bisa melanjutkan pembangunan agar maju sebagai capres maupun cawapres. Dia menyebut hal itulah yang disampaikan Mardiono ihwal dukungannya kepada Sandi.

“PPP mau mendorong tokoh bangsa yang bisa melanjutkan pembangunan untuk maju sebagai capres maupun cawapres. Seperti Pak Sandi yang dianggap sukses mengembangkan ekonomi kreatif dan pariwisata pasca pandemi,” kata dia.

Sebelumnya, Mardiono mengatakan Sandiaga sudah diberikan izin oleh Prabowo untuk bergabung bersama PPP. Pernyataan ini dilontarkan kala menghadiri acara jalan sehat bersama dalam rangka memperingati HUT PPP ke-50 di Malino, Sulawesi Selatan.

“Pak Sandi itu diberikan izin oleh Pak Prabowo untuk bergabung bersama PPP untuk mendukung perjuangan PPP,” ujar Mardiono, Ahad, 12 Februari 2023.

Menurut Mardiono, Sandi merupakan aset nasional yang mampu memulihkan dunia pariwisata lebih cepat dibandingkan negara-negara lain. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu disebut Mardiono memberikan sumbangsih dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Oleh sebab itu, kata Mardiono, Sandi hendaknya diberikan penghargaan setinggi-tingginya.

Baca Juga:  Tak Lolos Parlemen, PPP Siapkan Tim Hukum ke MK

“Kira-kira Pak Sandi pantas jadi Presiden atau tidak? Kalau tidak jadi Presiden, jadi Wakil Presiden pantas atau tidak?,” kata Mardiono diiringi jawaban “pantas” dari peserta acara jalan sehat.

Respons Gerindra

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku tidak pernah mendengar Sandi minta izin maupun mendengar Prabowo memberikan izin ihwal rencana gabung ke PPP.

“Saya belum pernah mendengar Pak Sandi minta izin, atau belum pernah mendengar Pak Prabowo memberikan izin,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 13 Februari 2023.

Dasco menjelaskan, sebelumnya dirinya pernah menyampaikan kabar bahwa Sandi akan menjadi anggota PPP. Kabar ini menjadi ramai dibicarakan dan dibantah oleh kedua belah pihak.

Menurut Dasco, pinangan PPP kepada Sandi merupakan hal yang wajar dan biasa dalam perpolitikan. Kendati demikian, sebagai orang dewasa yang berpolitik, ada mekanisme dan etika yang perlu ditunaikan jika Sandi benar-benar hendak berlabuh ke PPP.

“Pak Sandi waktu itu juga sudah mengatakan, waktu menjumpai Pak Prabowo itu mengatakan, akan tegak lurus terhadap partai,” kata dia.

Baca Juga:  PDIP-PPP Akan Bahas Pemenangan Ganjar dan Koordinasi Relawan

Di sisi lain, Dasco mengatakan Prabowo tidak pernah menghalang-halangi seseorang yang ingin berkarir, termasuk menjadi calon presiden maupun calon wakil presiden 2024. Ia kemudian mengingatkan bahwa capres usungan Gerindra sudah jelas dan pasti, yakni Ketua Umum Prabowo Subianto.

“Kita sudah sama-sama tahu bahwa capres dari Gerindra itu sudah fix hanya Pak Prabowo,” ujar Dasco.

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1690760/ppp-ajak-kader-dukung-sandiaga-uno-nyapres-sebut-jadi-kandidat-potensial?page_num=1

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com