Selamat Datang di Website Resmi Dr. H. Achmad Baidowi, S.Sos., M.Si Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Wakil Ketua Baleg DPR RI Ketua PP GMPI |

Ikuti Media Sosial:

PPP Akan Ikut Undian Nomor Urut Baru Pemilu di KPU

Jakarta – Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memutuskan akan mengikuti proses undian nomor urut partai peserta pemilu yang dilakukan di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (14/12/2022). Dilansir darin CNNIndonesia.com.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan pihaknya ingin mendapat variasi nomor yang berbeda dengan mengikuti undian tersebut. Menurutnya, politik masih bergerak dinamis.

“PPP memilih untuk diundi. Biar variasi aja, politik dinamis,” kata Awiek, sapaan akrabnya kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/12/2022).

Untuk mengikuti proses tersebut, Awiek mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu petunjuk teknis dari KPU.

Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani menilai aturan nomor urut dalam Perppu Pemilu itu multitafsir. Arsul terutama menyoroti aturan opsional terkait nomor urut dalam Perppu tersebut.

Aturan itu mengizinkan partai tetap bertahan pada nomor hasil Pemilu 2019. Sehingga, ia menduga kuat partai-partai pemilik nomor urut satu sampai lima tak akan ikut undian nomor urut KPU.

“Artinya misalnya, PKB kan nomor satu kalo enggak salah, PDIP nomor tiga, maka ya kemudian satu dan nomor tiga itu tidak terundi. Artinya undian itu untuk nomor yang semuanya sepakat untuk diundi,” kata dia di Kompleks Parlemen, Selasa (13/12/2022).

Baca Juga:  Jokowi Cawe-cawe Politik, PPP: Enggak Ada Hubungannya dengan Penjegalan

Perppu Nomor 1 tahun 2022 perubahan atas UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu itu memberikan opsi kepada partai yang ingin bertahan pada nomor lama pada Pemilu 2019 atau ikut undian nomor baru di KPU.

Namun, undian hanya dilakukan untuk nomor-nomor yang masih tersedia, terutama terhadap nomor yang ditinggalkan, salah satunya karena partai tak lolos verifikasi di KPU dan dipastikan tak ikut Pemilu 2024.

Berita Terbaru

Terpopuler

© 2016 - 2023 | achbaidowi.com