Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan, PPP: Biar Publik yang Nilai

Amien Rais menyebut telah merestui Prabowo Subianto menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI. Padahal, Amien Rias dikenal sebagai figur yang keras mengkritik Pemerintahan Jokowi.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi (Awiek) menilai Amien Rais tak mempunyai pilihan lain. Menurutnya, Amien harus mengakui Prabowo dan Gerindra telah bergabung ke pemerintahan.

“Ya tidak ada pilihan lain, bagi Amien Rais (AR), karena Prabowo dan Gerindra sudah bergabung ke pemerintahan. Tinggal apakah AR mau menarik kembali ucapannya secara terbuka, atau mau diam-diam. Sebagaimana prediksi kami sebelum pemilu bahwa patut diduga AR mencari panggung politik agar namanya terus beredar di media,” ujar Awiek ketika dihubungi, Senin (27/10/2019).

Awiek menyarankan agar Amien Rais mengambil sikap. Menurut Awiek, sikap yang ditunjukan Amien Rais tidak konsisten.

“Publik akan menilai bagaimana AR bersikap, hari ini berbeda dengan kemarin. Makanya, dalam politik itu jangan keras-keras ke lawan karena suatu saat bakal menjadi kawan. Begitupun sebaliknya, yang awalnya kawan bisa menjadi lawan. Lebih baik AR secara terbuka menyampaikan pendapatnya,” ujar Awiek.

“Ya itu tentang sikap yang berubah-ubah, tidak konsisten tapi itu hak AR. Biarlah publik yang menilainya,” lanjutnya.

Awiek sependapat dengan pernyataan Amien Rais yang mengatakan masyarakat harus memberikan waktu kepada para menteri untuk bekerja. Menurutnya, biar Jokowi sendiri yang menilai kinerja para menterinya.

“Ya memang kita harus memberikan kesempatan kepada para menteri untuk bekerja dan yang memberikan penilaian itu adalah Presiden Jokowi. Mau 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun semuanya tergantung Pak Jokowi. Bukan ditentukan oleh siapapun termasuk AR,” ujar Awiek.

Diketahui sebelumnya, orang pertama yang ditemui Prabowo setelah menjabat Menteri Pertahanan adalah Amien Rais. Amien, yang selama ini mengkritik pemerintahan Jokowi, ternyata memberikan restu penuh kepada Prabowo.

“Ya saya sudah bertemu dengan Pak Prabowo, kemudian saya hanya mengatakan embanlah (jabatan Menteri Pertahanan) Pak Prabowo sesuai dengan cita-cita kita semua,” kata Amien kepada wartawan usai menjadi pembicara kajian dengan tema ‘Islam & Komunis (bahaya laten komunis)’ di Masjid Jami’ Karangkajen, Yogyakarta, Minggu (27/10/2019) malam.

Banyak pihak memprediksi Amien Rais bakal bersikap keras soal keputusan Prabowo jadi menteri pembantu Jokowi. Namun Amien justru menyebut kursi Menhan adalah jabatan strategis. Peran Prabowo di posisi itu disebut sentral.

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *